Memilih Sekuritas?

Setelah memutuskan untuk memulai investasi pertamamu, maka sobat Refo harus membuka rekening efek di perusahaan sekuritas. Lalu, pertanyaan yang sering muncul adalah, sekuritas mana ya sebaiknya? Berikut adalah beberapa tips untuk memilih sekuritas.

Pertama, pastikan sekuritas tersebut anggota Bursa Efek Indonesia, terdaftar dan diawasi oleh OJK
Untuk mengecek daftar anggota bursa, silakan klik tautan berikut

Kedua, track record perusahaan sekuritas yang baik
Untuk hal ini, mudahnya setelah mendapatkan beberapa nama maka kita bisa masukkan ke google, apakah pernah ada masalah pada sekuritas tersebut, penipuan oleh pialang, atau perusahaan sering disuspensi oleh bursa. Walaupun sebenarnya, sejak adanya rekening dana nasabah (RDN), maka dana kita tidak lagi disimpan di sekuritas tetapi di bank kita memilih RDN. Misalkan kita membuka di sekuritas X, dan memilih RDN BCA, maka dana kita disimpan di RDN BCA, sedangkan efek kita bisa kita pantau melalui web AKSES KSEI.
Untuk googling biasanya masukkan: [nama sekuritas] penipu, atau [nama sekuritas] suspensi –maka akan muncul berita yang berkaitan dengan itu.

Ketiga, layanan online trading
Sekarang sih bukan zamannya halo halo ke broker untuk melakukan transaksi efek, tetapi bisa kita pantau sendiri lewat smartphone melalui apps yang ditawarkan perusahaan sekuritas, atau lewat aplikasi desktop/browser. Umumnya hampir semua sekuritas sudah menawarkan online trading, maka poinnya adalah kemudahan akses dari online trading tersebut, apakah mudah dipahami, memiliki fitur yang lengkap, server sering error/tidak. Beberapa sekuritas biasanya menawarkan trial cuma-cuma untuk mencoba terlebih dahulu, sehingga kita bisa menjajalnya sebelum membuka rekening.

Keempat, fee transaksi yang dikenakan
Apakah sekuritas tersebut mengenakan biaya market data? Berapakah komisi all-in yang dikenakan kepada investor? Ini menjadi pertimbangan, namun menurut Refo bukan yang paling utama dalam memutuskan sekuritas. Refo memiliki akun di beberapa sekuritas dengan fee berbeda-beda, tetapi yang menjadi main account untuk Refo justru bukan yang fee termurah. Beberapa sekuritas bisa memberikan fee khusus (nego) untuk masuk dalam jumlah tertentu.

Kelima, product range yang ditawarkan
Menurut Refo ini poin yang cukup penting dan krusial. Setelah menjajal aplikasi RoboAdvisor , kita akan mendapat proporsi alokasi yang tepat untuk berinvestasi. Karena Refo ingin hidup lebih mudah, maka Refo memilih sekuritas yang menyediakan pilihan Reksadana Pasar Uang sekaligus dapat bertransaksi saham dalam 1 sekuritas yang sama. Bahkan, sekuritas tersebut juga menawarkan produk fixed income seperti obligasi korporasi dan surat utang negara. Ada beberapa sekuritas besar yang sudah melakukan ini, bahkan ada juga yang menawarkan fitur penempatan dana otomatis (autosweep) dana dari RDN ke RDPU untuk meningkatkan imbal hasil investor. Dana yang ada di RDPU bisa digunakan untuk transaksi pembelian saham sewaktu-waktu dan sudah cair saat T+2 yaitu saat settlement transaksi saham.

Beberapa Pertimbangan Lainnya

Cabang sekuritas
Dengan memilih cabang yang tersedia di kotamu, ada beberapa edukasi gratis yang disediakan sekuritas, mulai dari penggunaan aplikasi, atau seminar market outlook (dan makan-makan) untuk gathering investor.

Customer service
Well, poin ini sebenarnya lebih banyak diketahui ketika sudah membuka rekening. Customer service biasanya diperlukan apabila kita melakukan deposit dana, kita perlu email bukti transfer bila sekuritas tersebut masih manual input. Tetapi ada juga yang sudah menerapkan sistem otomatis, sehingga begitu dana masuk ke RDN kita, apps kita juga ter-update setelah +/- 10 menit (pengalaman Refo sekitar itu). Customer service juga diperlukan saat kita meminta KTUR untuk menghadiri RUPS, meminta bukti potong dividen atau rekap transaksi tahunan.

Pilihan bank untuk RDN
Biasakan untuk memilih RDN dimana kita memiliki rekening juga, jadi terhindar dari biaya transfer. Demikian jika sekuritas menawarkan produk reksadana, kita membuka RDN di bank yang sama dengan bank milik reksadana tersebut, untuk hal ini silakan tanyakan ke sekuritas masing-masing. Refo sendiri kebanyakan menggunakan RDN BCA, dan relatif tidak ada kendala. Pernah satu kali Refo menggunakan RDN bank X di sekuritas Y, dan mencairkan RDPU ternyata dipotong biaya kliring dan masuknya jadi lebih lambat.

Setelah berhasil membuka akun sekuritas, cek lagi langkah investasi selanjutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *